Upaya Menuju Sukses Ujian Nasional Melalui Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif tipe ”Two Stay Three Stray” dengan “Direct Instruction” dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas IX-G SMP 2 Selomerto Tahun Pelajaran 2010/2011

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran matematika peserta didik kelas IX-G SMP Negeri 2 Selomerto pada pertengahan semester I tahun pelajaran 2010/2011 diperoleh data: motivasi belajar matematika peserta didik rendah, hal ini berdasarkan wawancara ketika awal pelajaran ditanyakan “Siapa yang tadi malam tidak belajar? Mohon dijawab dengan jujur”, ternyata ada sekitar 12 siswa yang tidak belajar matematika dari 32 siswa. Selain itu hasil analisis Ulangan Harian 2 (materi Bangun Ruang Sisi Lengkung), Nilai tertinggi 90.00, Nilai terendah 42.50, Nilai Rata-rata 63,75, dan peserta didik yang tuntas beru mencapai 25%. Hasil analisis Hasil Placement Test (Tes Try Out I Ujian Nasional 2011), Nilai tertinggi 90, Nilai terendah 37.50, Nilai Rata-rata 60.70. Dari data tersebut memberikan informasi bahwa peserta didik kelas IX-G SMP Negeri 2 Selomerto pada pertengahan semester I tahun pelajaran 2010/2011 belum mempunyai hasil belajar matematika yang maksimal, karena peneliti mempunyai harapan ketuntasan klasikal 100% sesuai Standar Kompetensi Lulusan tahun 2011 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas merupakan salah satu tugas utama guru, dan pembelajaran dapat diartikan sebagi kegiatan yang ditujukan untuk membelajarkan siswa. Dalam proses pembelajaran matematika di SMP 2 Selomerto masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Dengan kata lain, pembelajaran matematika di kelas masih berpusat pada guru. Kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan peneliti dengan hasil belajar seperti tersebut di atas adalah mengunakan model pembelajaran Direct Instruction (Model Pembelajaran Langsung) yang secara umum masih bersifat teacher center (berpusat pada guru).
Dalam rangka untuk mengukur dan menilai ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan peserta didik secara nasional, pemerintah menyelenggarakan Ujian Nasional tahun pelajaran 2010/2011 pada kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Soal Ujian Nasional disusun berdasarkan kisi-kisi soal UN Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditetapkan oleh BSNP.

MOHON DOA RESTUNYA SEMOGA PENULISANNYA BISA SELESEI SETELAH PENGUMUMAN UJIAN NASIONAL SMP TAHUN 2011, TANGGAL 4 JUNI 2011......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar