KURIKULUM KTSP - LATAR BELAKANG



BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Lokasi SMP 1 Wonokerto di Desa Wonokerto Kulon, Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Secara geografis terletak di daerah pesisir pantai pulau Jawa dan berjarak ± 3 km sebelah utara jalur jalan raya pantura.

Sebagai bagian dari wilayah Kota Santri Kabupaten Pekalongan, religiusitas Islami masyarakat lingkungan sekitar SMP 1 Wonokerto sangatlah menonjol, tetapi hal ini tentulah tidak akan terlepas dari kultur pola kehidupan sebagian besar masyarakat yang bermatapencaharian sebagai petani tambak dan nelayan pesisir. Kultur inilah yang kadang kurang responsif terhadap masalah pendidikan anak, walaupun harus diakui juga animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP 1 Wonokerto dari tahun ke tahun berkembang cukup baik.

Prestasi akademik dan non-akademik SMP 1 Wonokerto selama ini cukuplah membanggakan dan mampu memenuhi harapan orang tua dan masyarakat sebagai stokeholder pendidikan. Tetapi kami sebagai komponen warga sekolah tentulah tidak akan hanya puas dengan hasil dan prestasi itu, kami harus tetap berkomitmen untuk meningkatkan mutu akademik dan non-akademik serta memberikan pelayanan yang prima.

Berdasarkan Permendiknas No. 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi yang mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu, termasuk dalam SI ini adalah kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Serta Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Guna mencapai semua tujuan pendidikan yang diamanatkan oleh Undang-Undang, maka kami menyusun dan mengembangkan sebuah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sesuai dengan kekhasan dan potensi daerah yang ada. Kurikulum ini diharapkan bisa sebagai acuan dan landasan penyelenggaraan pendidikan di SMP 1 Wonokerto.

B. Tujuan Pengembangan KTSP.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar