Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

 

Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012. Contoh Model SOAL UKG mungkin itu yang beberapa teman guru berusaha di cari, dalam rangka persiapan UKG 2012 ini. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (BPSDMPK PMP) TAHUN 2012 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Model Soal UKG yang 2012 diselenggarakan secara online seperti apa ya? Berikut ini rincian Soal UKG 2012 berdasar Buku Panduan UKG 2012.

 




 

 

Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012

 


Pengembangan  instrumen uji kompetensi awal terdiri atas kisi-kisi dan butir  soal.  Soal UKG  dikembangkan  oleh  Tim  Ahli  dengan  bentuk  soal obyektif  tes  jenis  pilihan  ganda  dengan  4  opsi  pilihan jawaban.Komposisi  instrument  tes  adalah  30%  kompetensi  pedagogik dan 70%  kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan  soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal.


 

Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012

 


Aspek kompetensi yang diujikan 




1.  Kompetensi Pedagogik




Standar  kompetensi  pedagogik  sesuai  dengan  Permendiknas sebagai berikut:

a.      Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik

b.      Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif

c.      Merencanakan dan mengembangkan kurikulum

d.      Melaksanakan pembelajaran yang efektif

e.      Menilai dan mengevaluasi pembelajaran


 


Kompetensi  yang  diinginkan  adalah  konsistensi  penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru  tentang pengenalan peserta didik, model belajar,




perencanaan,  pelaksanaan,  evaluasi,  tetapi  tes  yang  mampu memprediksi  bagaimana  guru  mengintegrasikan  kelimanya  dalam pelaksanaan pembelajaran.




2.  Kompetensi Profesional

 


  1. a.      Penguasaan  materi,  struktur,  konsep  dan  pola  pikir  keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

  2. b.      Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

  3. c.      Konsistensi  penguasaan  materi  guru  antara  content dengan performance:


 




 

  • -  teks, konteks, & realitas

  • -  fakta, prinsip, konsep dan prosedur

  • -  ketuntasan  tentang  penguasaan  filosofi,  asal-usul,  dan aplikasi ilmu





 


 

Semoga sedikit info tentang Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012 ini dapat bermanfaat, jika anda sudah membaca jangan lupa "like this yooo"...Terima kasih.
Keywords : Soal dan Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012, Jadwal UKG 2012, Jadwal UKH 2012 Wonosobo, Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar