Ancaman Siswa Tak Lulus UN Makin Besar

Pengumuman Hasil UN 2013

Pengumuman Hasil UN 2013 img
Hasil UN 2013. Salam Pendidikan !. Selamat bertemu dengan Info Sertifikasi Guru, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan ini akan berbagi informasi terkait Ujian Nasional Tingkat SMA/SMK/MA yaitu "Ancaman Siswa Tak Lulus UN Makin Besar". Kacaunya pelaksanaan UN mulai dari keterlambatan soal ujian, kualitas LJUN yang buruk, soal yang di foto copy dan lain sebagainya, sehingga UN tidak dapat dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Hal ini tentu berdampak tidak baik bagi siswa. Persatuan guru-guru menilai Ancaman Siswa Tak Lulus UN Makin Besar, berikut kutipannya.

Pengumuman Hasil UN 2013

(Foto: Marieska Harya/Okezone)

Persatuan guru-guru menilai ancaman ketidaklulusan siswa karena amburadulnya Ujian Nasional (UN) tahun ini akan sangat besar.

Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Mohammad Abduhzen menambahkan, akan banyak siswa yang tidak lulus karena penundaan ini. Pasalnya, ada beban psikologis yang ditanggung anak.

Secara logika, ujarnya, siswa pun ingin UN sesuai jadwal karena mereka sudah belajar sekian lama sehingga tidak mau terlalu lama stress dengan ujian. Diketahui, tahun kemarin kelulusan UN siswa SMA mencapai 99,50 persen.

Hasil UN 2013

"Bagi siswa lebih cepat lebih baik karena ini adalah ujian penentu tiga tahun mereka bersekolah," kata dia, berdasarkan siaran persnya, Rabu (17/4/2013).

Dia tidak memiliki berapa siswa yang tidak lulus. Namun akan dipastikan siswa di 11 provinsi sangat terancam kelulusannya. Apalagi diketahui 11 provinsi ini seperti di Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Timur banyak sekolah yang terisolir.

Ancaman Siswa Tak Lulus UN Makin Besar


Dia mencontohkan, seperti peserta UN di Krayan (Kalimantan Timur) yang harus menempuh perjalanan jauh ke sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah pelaksana UN di Malinau.


"Siswa itu dari Krayan harus terbang dulu ke Tarakan. Pesawatnya hanya terbang sekali seminggu. Lalu dari Tarakan ke Malinau dilanjutkan dengan speedboat selama empat jam. Di Malinau mereka harus sewa kos. Lalu jika UN ditunda mereka harus menambah biaya kos. Apa mau mendikbud menanggung biaya tambahan ini," ujarnya.

Hasil UN 2013. Dengan ancaman ketidaklulusan ini dia pun meminta pemerintah menunda nilai UN sebagai persyaratan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Dia berpendapat, ada baiknya dengan adanya penundaan ini maka ujian tulis di SNMPTN di dibuka kembali. UN yang menjadi pemetaan dan syarat kelulusan itu adalah kesalahan besar.

Jika pemerintah ingin UN menjadi alat pemetaan maka tidak boleh berimplikasi pada lulus tidaknya siswa. Selain itu pemetaan tidak perlu dilakukan setiap tahun karena dinamika pendidikan juga tidak terjadi setahun sekali. Seperti halnya survey maka pemetan tidak perlu dilakukan secara nasional, cukup dengan mengambil sample saja.

Sumber :  http://kampus.okezone.com

Semoga Ancaman Siswa Tak Lulus UN yang Makin Besar akibat tertundanya pelaksanaan UN di sebagian propinsi tidak terjadi. Hal ini menjadi pelajaran baik pemerintah, guru dan semua pihak yang terkait agar tidak terulang kembali pada pelaksanaan UN tingkat SMP senin mendatang maupun pelaksanaan UN tahun-tahun berikutnya, jika masih ada UN. Semoga bermanfaat.

Keyword : Ancaman Siswa Tak Lulus UN Makin Besar, Pengumuman Hasil UN 2013Hasil UN 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar