Olimpiade Sains SMP Internasional 2013


Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah kompetisi  sains tingkat nasional, sekaligus wadah untuk mencari bibit-bibit yang memiliki prestasi sains guna diikutsertakan dalam kompetisi sains yang sifatnya internasional, antara lain International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC) dan sejenisnya.

 Mekanisme Rekrutmen
  1. Dilakukan seleksi terhadap peraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2013, bidang Fisika dan Biologi untuk IJSO, dan Matematika untuk IMC.
  2. Bila pada pola tersebut belum tercapai peserta yang dibutuhkan, maka dapat melakukan seleksi kepada peraih medali perak/perunggu Olimpiade Sains  Nasional (OSN) tahun 2013 bidang Fisika dan Biologi.


Persyaratan Peserta yang Diseleksi
  1. Masih berstatus dan aktif sebagai siswa SMP
  2. Masih berusia di bawah 15 tahun pada saat berlangsung kegiatan IJSO ke 10 pada bulan Desember 2013, dan pada bulan Juli 2013 untuk IMC.


Mekanisme Pembinaan

Pembinaan dilaksanakan selama ± 3 (tiga) bulan dengan peserta yang telah ditetapkan. Peserta akan dibina secara intensif baik materi, teori maupun praktik. Pada setiap akhir pekan peserta akan dievaluasi untuk mengetahui  tingkat pencapaian atau penguasaan materi.

Proses pembinaan siswa dilakukan melalui kegiatan belajar di kelas, praktik di laboratorium dan pendampingan (tutorial) selama belajar mandiri di asrama dengan proporsi materi yang seimbang.

Sumber: Buku Panduan OSN SMP 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar