Persiapan PLPG 2012

Jadwal PLPG 2012
Sebelumnya kami ucapkan selamat bagi anda yang Lulus Uji Kompetensi Awal UKA 2012. Kini saatnya anda untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Sambil menunggu Jadwal PLPG 2012 ada baiknya anda mempersiapkan sejak dini apa yang di butuhkan dalam PLPG 2012
PLPG ini sangat penting bagi seorang guru,karena syarat sebelum mendapatkan tunjangan profesi. Jika dinyatakan lulus maka berhak mendapatkan sertifikat dan tunjangan profesi. Namun, jika tidak lulus maka akan menjalani PLPG kembali. “Makanya memang harus dipersiapkan sejak sekarang. Banyak hal yang membuat guru tidak lulus dalam PLPG. Misalnya faktor penguasaan materi ajar guru dan kesehatan. Hal inilah yang harus diantisipasi sejak dini sehingga ke depan rekan-rekan guru siap mengikuti PLPG 2012.
Program sertifikasi 2012 lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana, terdapat tiga tahapan yang harus dilalui, yakni uji kompetensi awal (UKA), PLPG, dan uji PLPG. Untuk itu, rekan guru dituntut mempersiapkan diri secara baik.
Berikut tips dari kami yang mungkin berguna bagi anda:

1. Jangan malu bertanya kepada senior kita yang telah mengikuti PLPG, sehingga kita bisa mengetahui selukbeluk PLPG, mulai dari tempat, makanan, pakaian, tansport, materi dan banyak lagi yang dapat ditanyakan.
2. Persiankan mental dan kesehatan anda. Kalau biasanya kita mengajar di depan kelas nanti kita gantian jadi siswa yang harus belajar, mendengarkan, serta diberi tugas. Banyak guru yang tidak lulus PLPG gara-gara tidak betah duduk seharian.
3. Persiapkan Administrasi serta berkas-berkas yang dibutuhkan sejak awal sehingga anda nantinya tidak kedodoran menjelang hari H contoh disini.
4. Persiapkan materi PLPG, anda dapat mendownload dari internet, atau mengcopy dari senior kita, pelajari mulai sekarang sehingga nantinya tidak terlalu berat belajar.
5. Ada materi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pelajari sehingga nanti anda tidak gaptek di sana.
6. Materi PLPG dapat anda unduh di link-link berikut:
- Download materi PLPG dan akan kami share apabila kami punya materi baru.

Sedangkan Perlengkapan yang harus di bawa adalah sebagai berikut:

1. Surat Tugas dari Sekolah tempat bertugas
2. Perangkat Pembelajaran meliputi
- Struktur Kurikulum
- SAP
- Silabus
- RPP, sebanyak 3 RPP dengan Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar yang berbeda.
- LKS
- Media Pembelajaran, sesuai RPP
- Contoh Perangkat Evaluasi, Sesuai RPP
- Bahan Ajar sesuai RPP yang dibuat
- Proposal Penelitian Tindakan Kelas
3. Laptop
4. Printer
5. Pakaian seragam harian kerja
Smoga anda sukses di PLPG 2012 !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar